Iklan Billboard 970x250

Cara Menumbuhkan Minat Anak Agar Gemar dan Lancar Membaca

Cara Menumbuhkan Minat Anak Agar Gemar dan Lancar Membaca

Membaca merupakan satu kegiatan yang mengasyikkan, setuju nggak? Daripada membiarkan anak-anak asyik bermain dengan gadget mereka, membiasakan dan melatih minat baca mereka bisa mendidik mereka ke arah yang positif. Tentu hal tersebut tak mudah dilakukan mengingat banyak sekali ‘godaan’ yang ada dalam ‘dunia kecil’ yang disebut smartphone tersebut, terlebih tren saat ini memang seperti itu. Agar membaca tak membosankan bagi anak, maka para orang tua tentu harus tahu minat mereka, hampir semua hal di dunia ini ada bukunya. Tugas kita adalah mencari buku dengan topik yang tepat sesuai minat mereka, asalkan buku tersebut masih dalam koridor yang positif dan tidak menyimpang dan anak berminat dengan topik yang ada dalam buku tersebut. Jika kalian ingin membiasakan anak-anak terbiasa membaca buku, maka tips yang sudah terbukti ampuh berikut ini cocok untuk kalian terapkan. Tips apa sajakah itu? Yuk, kita simak agar anak-anak menjadi gemar dan lancar membaca.

Tips Membuat dan Mendidik Anak agar Rajin Membaca



1. cari Buku/Bacaan yang Menjadi Minat Anak
Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Saya setuju 100% dengan ungkapan tersebut. namun, daripada membiarkan anak-anak menghabiskan waktu mereka hanya buat bersenang-senang, alangkah baiknya jika mereka bisa bermain sambil belajar. Nah, hal tersebut bisa dilakukan dengan membaca buku-buku fiksi yang cocok untuk anak, seperti dongeng, fable, dan kisah legenda yang harus mengandung banyak inspirasi dan pesan moral yang mendidik.

2. Beri Buku-Buku yang Kaya Gambar
Dulu, saat masih kecil, saya juga termasuk orang yang benci dengan buku yang hanya berisi tulisan-tulisan dari awal halaman hingga akhir. huh, membosankan! Meskipun sekarang saya malah suka tulisan-tulisan karya sastra berbentuk novel, sih. Tak mengherankan, anak-anak bisa sangat membenci buku jenis tersebut, karena mereka lebih berminat dengan cerita berbentuk visual yang akan dengan mudah dipahami. Tak masalah, hal ini untuk menumbuhkan minat mereka di awal-awal. Seiring waktu, mereka juga menjadi gemar membaca buku, sehingga karya sastra yang mayoritas berisi tulisan akan menarik minat mereka juga.

3. Beri Contoh
Jika kalian menginginkan anak-anak untuk suka membaca, maka kalian atau para orang tua juga harus memiliki hobi membaca juga. Saat anak-anak melihat para orang tua membaca buku, lambat laun mereka akan tertarik dan memiliki minat yang sama untuk mengikuti membaca, dan tidak menutup kemungkinan mereka juga akan terbiasa dengan kegiatan baru tersebut.

4. Ikut Serta
Membaca sambil berdiskusi dengan anak-anak juga menjadi salah satu kegiatan positif yang menyenangkan. Sesi tanya jawab bisa menjadi ajang untuk memberikan penjelasan akan pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak anak-anak. Seperti yang kita ketahui, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Beri pendampingan yang tepat agar mereka tidak salah persepsi maupun salah mengartikan bacaan yang mereka baca. Ini sekaligus sebagai cara untuk mendidik anak dengan cara yang tidak ‘kaku’.

5. luangkan waktu setiap hari
10 sampai 15 menit adalah waktu minimal bagi para orang tua untuk mengisinya dengan membaca bersama anak. Seiring dengan jadwal baru membaca tersebut, anak-anak akan terbiasa dan menjadi salah satu kegiatan rutin yang menambah minat, imajinasi, dan pengetahuan dari seluruh dunia.


Itulah beberapa tips agar anak gemar membaca yang bisa dilakukan sejak dini. Dengan membaca, waktu-waktu yang terbuang percuma menjadi teralihkan. Banyak keuntungan membaca yang bisa kita peroleh tidak hanya bagi anak-anak, yaitu menambah pengetahuan baru, menghilangkan penat atau stress, serta menambah ensiklopedia kita.
Baca Juga
SHARE
Wong Loji
Saya suka membahas tentang film terbaru, berita artis dan pemeran film, serta anime
Subscribe to get free updates

Related Posts

Iklan Tengah Post